Waspadai 5 Penyakit Selama Musim Hujan, Ini Cara Mencegahnya

VIVA – Dengan dimulainya musim hujan, ada lonjakan jumlah kasus virus corona setiap hari. Ada laporan yang meminta virus akan mereda selama musim panas, tetapi itu tidak berlaku. Ketika musim hujan tiba, karakter menjadi lebih berhati-hati. Ini bukan hanya karena meningkatnya kasus COVID-19, tetapi musim hujan membawa efek tinggi terkena infeksi dan anjlok sakit.

Menurut sebuah penelitian, risiko terkena infeksi kuman dan virus adalah dua kali lebih banyak selama musim abu dibandingkan dengan musim lainnya. Nilai air yang tinggi di udara memudahkan organisme mikro yang berbahaya untuk berkembang, menghasilkan berbagai macam infeksi.

Berikut adalah daftar lima jenis infeksi dengan sering terjadi saat musim abu, dan cara mencegahnya dilansir sejak T imes of India.

Demam berdarah

Nyamuk Aedes aegypti

Penyakit yang ditularkan nyamuk seperti demam berbakat dan chikungunya sangat umum selama musim ini. Hujan deras menerbitkan akumulasi air yang stagnan, yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk, yang menyebabkan penyakit seperti demam berbakat dan chikungunya.

Baca juga: Tips Hindari Stres Akibat di PHK Zaman Pandemi COVID-19

Untuk mencegah penyakit seperti itu, sepantasnya jangan biarkan air hujan menggenak di mana pun di sekitar Anda. Menggunakan penolak nyamuk, mengenakan pakaian lengan penuh juga adalah cara mudah untuk menyelamatkan muncul dari gigitan nyamuk.

Mencirit

Musim hujan sangat cocok bagi mikroba untuk tumbuh dalam sasaran, jika tidak disimpan dengan benar. Jika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi seperti itu, dapat menyebabkan mencirit dan infeksi lambung.

Diare

Cara unggul untuk mencegah hal ini adalah dengan memilih makanan buatan tunggal daripada makanan luar dan menjajaki secara menyeluruh jamur atau serangga dalam makanan. Mencuci sayuran & buah-buahan dengan air panas sebelum dimasak juga disarankan.

Demam dan flu

Salah satu penyakit virus yang paling umum selama musim ini adalah flu. Tak peduli seberapa besar kita menyembunyikan diri kita sendiri, kita semua jatuh sakit setidaknya sekali ataupun bahkan lebih selama musim ini.

Ilustrasi flu.

Deman dan flu karena tingginya jumlah patogen di udara zaman ini adalah hal biasa. Jangan kontak langsung dengan orang dengan menderita demam dan flu. Bila ada anggota keluarga yang memilikinya, gunakan handuk, perkakas, dan basuh tangan sesering mungkin.

Kolera

Ini adalah infeksi yang ditularkan melalui air dan karenanya sering terjadi pada musim ini. Pasti terhidrasi dan makan bersih untuk menjaga diri tetap aman.

Tipus

Tifoid adalah penyakit dengan ditularkan melalui air dan kala terjadi selama musim hujan karena sanitasi yang tidak benar. Aib ini dapat menyebabkan demam, menguningkan kulit dan memengaruhi hati.

Pastikan Anda minum air bersih untuk mencegah tipus. Tanpa minum minuman berbasis air terkuak dari luar dan coba bawa botol air ke mana kendati Anda pergi.