Video Gol Panenka Terbaik: Dari Zidane, Messi, Hingga Ramos

VIVA – Dalam dunia sepakbola, Panenka merupakan teknik yang digunakan dalam tendangan penalti. Di mana eksekutor penalti alih-alih menendang bola ke kiri atau kanan kiper, malah menembak pelan ke pusat.

Teknik mengarahkan ke tengah gawang menipu kiper yang bersiap melakukan penyelamatan ke kiri atau ke kanan. Teknik itu pertama kali dilakukan oleh pemain Cekoslowakia, Antonín Panenka.

Baca: 20 Juni 1976, Hukuman Panenka Tercipta

Dia melakukan teknik tersebut kepada dunia di final Piala Eropa 1976, ketika ia memperdaya kiper Jerman Barat, Sepp Maier. Penaltinya ini menjadi penentu Cekoslowakia juara Piala Eropa 1976.

Setelah debutnya yang sensasional di Piala Eropa 1976, sepak terjang Panenka kerap digunakan sejumlah pemeran. Meski tidak semuanya berhasil membuat gol. Sebab butuh kepercayaan diri tinggi.

Teknik tendangan penalti ini juga kerap dikenal Il Cucchiaio (sendok) di Italia, Cavadinha (cungkilan) di Brasil dan Picado (tendangan penalti menyodok) di Argentina.

Beberapa bintang yang pernah melakukan aksi Panenka tersebut di antaranya: Thierry Henry, Zinedine Zidane, Lionel Messi, Fransesco Totti, Zlatan Ibrahimovic, Andrea Pirlo hingga Sergio Ramos.

Berikut ini cuplikan video kompilasi hukuman Panenka: