Trik Sederhana Mencegah Terjadi Kebakaran Zaman Isi Bensin mobil

VIVA –Mengisi bahan menjilat minyak alias BBM, sampai masa ini masih menjadi kegiatan rutin para pemilik mobil. Durasinya tergantung dengan jarak tempuh, maupun zaman pemakaian kendaraan tersebut.

Meski rutin dilakukan, ada sekadar pengemudi mobil yang mengabaikan keselamatan dirinya dan orang lain masa mengisi BBM. Padahal, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi lokasi paling rawan terjadinya kebakaran.

Mengutip dari tanda resmi Auto2000 , Rabu 9 Desember 2020, kebakaran tersebut sangat berbahaya karena tak hanya membuat mobil hangus menyala, tetapi bisa mengakibatkan korban nyawa. Padahal, kejadian ini bisa dihindari dengan beberapa cara.

Pertama, ingatlah tetap untuk mematikan mesin mobil kala mengisi BBM. Sebab, jika jantung penggerak yang masih bisa menyala bisa memicu percikan api era bertemu uap bensin. Apalagi, jika ada masalah di sistem kelistrikan yang bocor.

Kekangan memakai ponsel yang terpasang dalam SPBU, juga harus menjadi menghiraukan dan diterapkan oleh pengguna organ bermotor. Uap bahan bakar bia bertemu energi listrik dari tanda ponsel, berpotensi membuat kebakaran.

Pencengahan lainnya adalah secara memastikan jarak aman ketika medium mengantri BBM. Jika terjadi percikan api dari kendaraan lain yang sedang melakukan pengisian, pengemudi bisa cepat menghindar.

Pastikan juga kendaraan mendatangi area SPBU dengan kecepatan sedikit. Ketika pengemudi memacu mobilnya secara cepat di dalam area pom bensin, bukan tak mungkin membuahkan kecelakaan seperti menabrak nozzle minyak bumi, atau kendaraan lain yang padahal mengisi BBM, lalu membuat kebakaran.

Melepaskan diri sejak sabuk pengaman dan turun sejak mobil ketika mengisi BBM, merupakan cara aman untuk mewaspadai kebakaran yang bisa terjadi ketika melaksanakan pengisian. Cara ini membuat metode evakuasi bisa dilakukan cepat, masa terjadi kebakaran.

Lihat juga bagian nozzel pengisi bensin, serta pastikan menyentuh mulut lubang bak bensin untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut sinar. Ingatkan operator pengisi BBM, agar tidak mengangkat nozzle jika masih tersedia bensin yang menetes dan menduduki hingga bensin benar-benar berhenti mengalir.

Baca juga: Helm Muka Dua Disebut Netizen Bisa untuk Antisipasi Begal.