VIVA – Menatap ponsel pintar ( smartphone ), tablet maupun PC betul melelahkan mata. Pada dasarnya, berfokus pada objek dengan sama, menatap ke kepala arah secara terus-menerus serta dalam jarak sama sanggup membawa efek buruk pada otot-otot mata, dan mampu merusak penglihatan.

Profesor Chris Lohmann yang bekerja di rumah rendah Universitas Teknik Muenchen, Jerman, mengatakan kebiasaan ini memajukan risiko berkurangnya ketajaman pandangan jarak jauh.

Baca: Ada Informasi Buruk dari Satu Pembuat Ponsel

“Biasanya, kita mengedipkan mata setiap 10 detik. Tapi jika menatap layar, kita hanya kedip setiap 30 atau 40 detik, ” ujar Lohmann, seperti dikutip dari kedudukan Deutsche Welle , Sabtu, 3 Maret 2021.

Berkurangnya refleks berkedip membuat tanda lelah. Lapisan air sembrono terkoyak, dan mata mulai terasa gatal atau biasa. Mata pun kehilangan kekuatan untuk berfokus. Tapi tersedia trik yang bisa menolong mengurangi kelelahan mata.

Yaitu, setelan dark mode atau mode suram, yang bisa ditemukan pada sejumlah ponsel pintar Apple dan Android dengan pola operasi modern. Jika telah diaktifkan, dasar di hp menjadi lebih gelap & teks menjadi lebih terang.