Thailand Jamin Tur Asia Jadi Kompetisi Bulutangkis Paling Aman

VIVA – Presiden Afiliasi Bulutangkis Thailand, Khunying Patama Leeswadtrakul menjamin bahwa tur Asia tahun depan bakal menjadi turnamen bulutangkis paling aman, meski digelar pada tengah pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Patama merespons keputusan China mundur dari 3 turnamen yang dimulai pada 12 Januari 2021 di Bangkok tersebut, yang merupakan rangkaian kejuaraan bulu tangkis pertama yang digelar di Asia sejak pandemi COVID-19 menghentikan seluruh kegiatan olahraga pada Maret 2020 lalu.

Menurut Patama, alasan China menarik diri sejak turnamen karena mereka terbentur susunan larangan penerbangan yang diterapkan negeri China.

“Alasannya adalah pemerintah China tak mengizinkan mereka pergi ke sungguh negeri – tidak hanya buat bulu tangkis, tetapi semua olahragawan lainnya, ” kata Patama bagaikan dikutip AFP, Rabu 30 Desember 2020.

Tiga kompetisi secara beruntun digelar di Bangkok dengan menerapkan pola gelembung beserta tanpa kehadiran penonton.

Patama mengatakan pemerintah Thailand semasa ini telah bekerja keras mengisbatkan standar kesehatan terbaik sebelum dan selama turnamen berlangsung sebagai upaya pencegahan penularan virus, termasuk tindakan untuk mengisolasi para pemain sesaat setelah mereka tiba di Thailand.

“Kompetisi dengan gelembung ini akan menjadi (turnamen) teraman di dunia, ” kata dia menegaskan.

“Setelah 4 Januari, tak seorang pun diizinkan memasuki gelembung tersebut dan semua tindakan serta aturan kesehatan akan diterapkan secara cermat, ” tambah dia.

Dia juga mengaku bahwa keputusan menggelar kompetisi tanpa penonton sudah menjadi perhatian sejumlah pemain dengan khawatir hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan mereka.

Bakal tetapi, opsi tersebut merupakan dengan terbaik saat ini demi membakar kembali kompetisi bulu tangkis dunia.

“Para pemain jatuh tangkis kami juga merasakan peristiwa yang sama, tetapi kami harus membatasi semua orang dalam gelembung demi kesehatan kami semua. ” (Ant)