Sales BMW Ikut Diperiksa Kejagung Kausa Jaksa Pinangki

VIVA – Tim Direktorat Penyidikan dalam Jaksa Agung Muda Pidana Khusus telah memeriksa Djoko Soegiarto Tjandra di Kejaksaan Agung pada Rabu, 26 Agustus 2020. Pasalnya, Djoko Tjandra diperiksa sebagai saksi buat tersangka Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Baca Juga: Alasan Bareskrim Ingin Periksa Jaksa Pinangki dalam Kejagung

Selain itu, tim penyidik jaksa juga melakukan pemeriksaan terhadap orang pemasaran PT Astra International BMW Sales Operation Branch Cilandak dan Manager Station Automation System Garuda Indonesia.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menjelaskan pihaknya telah memeriksa 3 orang saksi dan satu orang tersangka terkait kasus tindak kejahatan korupsi di mana pegawai daerah menerima hadiah atau janji.

“Saksi yang diperiksa ialah Djoko Tjandra, MOZ ( Manager Station Automation System Garuda Indonesia) dan YP (sales PT Astra International BMW), ” kata Hari pada Rabu, 26 Agustus 2020.

Menurut nya, pemeriksaan saksi dilakukan untuk mencari serta mengumpulkan bukti tentang perjalanan tersangka Pinangki menggunakan maskapai Garuda ke luar negeri serta diduga bertemu Djoko Tjandra.

“Selebihnya, buat mencari bukti tentang aliran uang yang sempat dibelikan mobil BMW, ” ujarnya.

Secara demikian, kata dia, bukti itu bisa membuat terang tentang aksi pidana yang terjadi dan berperan menemukan tersangkanya, sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 1 angka 2 KUHAP.

“Pada saat yang bersamaan, diperiksa serupa Pinangki Sirna Malasari sebagai tersangka di ruangan yang lain, ” jelas dia.

Tatkala, Hari menambahkan pemeriksaan saksi dan tersangka tetap memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan COVID-19, yaitu memperhatikan jarak aman antara saksi dengan penyidik yang sudah memakai Alat Pelindung Diri (APD).