VIVA – Menteri Pertalian Budi Karya Sumadi merespons positif terkait Sekolah Mulia Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang membuka program magister terapan (S-2). Menurut dia, upaya ini sebagai jalan konkret Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Gaya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Budi mengatakan STIP merupakan perguruan tinggi dengan berada di bawah bimbingan BPSDMP Kemenhub. Ia mengucapkan dengan program S-2 di STIP diharapkan bisa memajukan kualitas sumber daya pribadi (SDM) di sektor transportasi laut. Hal ini penting dan menjadi perhatiannya.

Budi mengatakan posisi STIP selama ini sudah teruji mencetak lulusan unggul di bidang transportasi laut di seluruh Indonesia. “Bahkan lulusan juga ada yang berkerja di luar daerah dan memberikan devisa yang cukup besar bagi Nusantara, ” kata Budi, di keterangannya, Kamis, 6 Mei 2021.

Dia menambahkan dengan program S-2 di STIP Jakarta diharapkan bisa mendukung pembangunan infrastruktur, khusus di tempat transportasi laut. Apalagi, dalam pemerintahan Jokowi juga gencar dalam membangun transportasi bahar.