VIVA – Pemerintah Indonesia dan Korea Daksina (Korsel) sepakat untuk meningkatkan perlindungan Awak Kapal Perikanan Indonesia (AKPI) yang main di Kapal Ikan Pesisir Korea. Peningkatan pelindungan itu dilakukan salah satunya secara memperkuat kompetensi para AKPI sesuai pasar kerja.

Kesepatan peningkatan pelindungan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman ( Memorandum of Understanding /MoU) tentang Hubungan Kerja & Tenaga Kerja bagi AKPI yang bekerja pada pesawat ikan pesisir Korea. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Menaker Ida Fauziyah dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Korea, Seong-Hyeok Moon, dengan virtual pada awal pasar ini.

Ida menjelaskan, peningkatan kerja sama kedua negara ini menandai dimulainya implementasi kerja setara bilateral terkait hubungan kerja dan tenaga kerja untuk AKPI. Khususnya, yang hidup pada kapal ikan pesisir Korea di atas 20 ton.

Dia menjelaskan, kerja sama ini penting secara pertimbangan kerentanan perlindungan AKPI yang bekerja di pesawat. Apalagi, adanya kondisi pandemi COVID-19, semakin menambah kepelikan permasalahan bagi pekerja migran, utamanya yang bekerja jadi awak kapal.

Baca juga: Karyawan Giant Dihantui PHK, Intip Perhitungan Pesangonnya