VIVA – Bursa Efek Nusantara dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meluncurkan indeks baru yang akan mengukur kinerja 17 saham Badan Jalan Milik Negara yang menghunjam Daftar Efek Syariah (DES). Indeks tersebut diberi nama IDX-MES BUMN 17.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menjelaskan, indeks ini nantinya akan mengukur kinerja BUMN dari jalan mereka menjalankan usahanya, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pada mana nantinya hal tersebut akan diselaraskan dengan sebesar aspek lain, seperti misalnya memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar yang besar, mengikuti didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

“Alhamdulillah secara resmi BEI dan MES meluncurkan kepala indeks syariah baru bernama Indeks IDX-MES BUMN 17, ” kata Hasan dalam telekonferensi, Kamis 29 April 2021.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Iggi Haruman Achsien menjelaskan, latar dapur dibentuknya Indeks IDX-MES BUMN 17 ini berawal dibanding niat pembentukan indeks ASRAMA saja.

Membaca juga: Bank Mantap Salurkan Santunan untuk Keluarga Target KRI Nanggala