VIVA – Formula 1 (F1) resmi mengganti waktu start balapan pada musim 2021. Nantinya, setiap Grand Prix akan memulai balapan ketika tusuk jam yang panjang tepat dalam angka 12 dan tidak lagi lewat 10 menit.

Sebelumnya, kebijakan start lebih 10 menit diterapkan supaya pemilik hak siar televisi bisa membangun kemeriahan sebelum lomba dimulai.

Namun, pada Jumat 29 Januari 2021, Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan pemilik hak komersial F1 Liberty Media memutuskan untuk menghapus kebijakan yang pertama kali dikenalkan pada 2018 lalu.

F1 menyatakan bahwa keputusan meniadakan lewat 10 menit tersbeut akan membantu tim menghantam tekanan waktu di hari balapan dan menyedeharnakan jadwal.

Sebagian besar Grand Prix dalam Eropa akan memulai start di dalam pukul 15. 00 waktu setempat. Sedangkan seri lainnya yang diluar Eropa sudah disesuaikan.

Sementara itu, F1 juga menetapkan untuk memangkas sesi latihan manasuka yang digelar Jumat dengan per durasi selama 1 jam, persis seperti sesi latihan Sabtu, ketimbang melanjutkan durasi 90 menit.

“Pengurangan menjadi satu jam dalam waktu sesi latihan itu akan memaksa tim untuk memadatkan aksi di tanda agar mendapati mobil mereka secara set-up terbaik pada sesi kondisi dan balapan, ” tulis pernyataan resmi F1.

F1 sendiri telah merilis kalender yang terdiri dari 23 seri di dalam musim ini dengan Grand Prix pembukan di Bahrain pada 28 Maret nanti.