Derby Lembah Ruhr Langsung Panaskan Comeback Bundesliga

VIVA – Bundesliga bakal balik dihelat akhir pekan mendatang, 16 Mei 2020. Sebelumnya, liga bagian teratas Jerman ini harus kandas akibat pandemi virus corona.

Belum apa-apa, laga radang bakal tersaji di pekan 26 nanti. Ada Rivierderby atau Derby Lembah Ruhr, laga yang mempertemukan Borussia Dortmund kontra Schalke 04 di Signal Iduna Park.

Sejak tahun 1925, ganda panas selalu tersaji setiap Schalke berhadapan dengan Dortmund. Schalke lebih identik dengan kaum buruh, namun Dortmund dibentuk oleh kaum terdidik kelas menengah.

Kaum drama senantiasa terjadi di sabung derby ini. Misalnya pada 26 Februari 1966, Dortmund sukses lulus telak 7-0. Ini menjadi kemajuan terbesar Die Borussen di Derby Lembah Ruhr.

Pesinetron juga sempat terjadi dalam pertemuan pada 1993. Pemain Schalke, Jens Lehmann, tercatat sebagai kiper perdana yang mencetak gol lewat permainan terbuka lewat sundulan. Laga sudah imbang 2-2.

Menariknya, pada 1999, Lehmann justru alih ke Dortmund, setelah sempat membela AC Milan. Dia menjadi satu diantara pemain yang pernah membela Dortmund dan Schalke, selain Kevin-Prince Boateng, Steffen Freund, Andreas Möller, Christoph Metzelder, dan Felipe Santana.

Menentang Juga

(Baca juga: Dimulai Minggu Depan, Ini Jadwal Lengkap Bundesliga Pekan 26)

Dalam duel kali ini, Dortmund lebih di atas angin. Selain tampil di hadapan publik sendiri, Die Borussen juga ingin melaju cepat demi mendongkel Bayern Munich di puncak klasemen.

Pada enam laga terakhir di seluruh kompetisi, Dortmund berhasil menang 5 kali dan hanya kalah seluruhnya. Sedangkan Schalke dalam tren minus karena tak mampu menang dalam 6 laga terakhir.

Namun, semua itu hanya perkiraan di atas kertas. Apapun bisa terjadi dalam Derby Lembah Ruhr edisi ke-156 ini.

Berikut 5 pertemuan final Dortmund vs Schalke dilansir Soccerway:

26 Oktober 2019: Schalke 0-0 Borussia Dortmund (Bundesliga)
27 April 2019: Borussia Dortmund 2-4 Schalke (Bundesliga)
8 Desember 2018: Schalke 1-2 Dortmund (Bundesliga)
15 April 2018: Schalke 2-0 Dortmund (Bundesliga)
25 November 2017: Dortmund 4-4 Schalke (Bundesliga)