Bahan Aneh Balap Lari Liar yang Bikin Geger

VIVA – Fenomena balap lari liar di jalan umum marak terjadi belakangan ini di sejumlah daerah. Aksi-aksinya bikin gempar jagat media sosial karena mendekati dengan balap motor liar.

Bahkan sudah menjalar di berbagai kota seperti Depok, Tangerang Selatan, Bogor, Yogyakarta, sampai Palembang dan Padang.

Pada sejumlah video yang beredar, terang balap lari ini berlangsung hidup. Penonton berkumpul di sepanjang ustaz yang digunakan sebagai lintasan.

Ada beberapa fakta yang membuat balap mangkir liar di jalan raya itu menjadi menarik. Salah satunya merupakan cara peserta balap lari itu dalam mempromposikan diri dan mengundang lawan untuk bertanding.

Mengucapkan Juga: Gempar Balap Lari Kasar di Indonesia, Begini Respons PASI

Para pelari membagikan profil mereka dengan cara yang aneh menjurus kocak. Informasi soal berat lembaga dan tinggi badan mungkin menjelma hal yang normal. Namun, pelari juga menjelaskan bagaimana kondisi betis mereka dan minuman dan makanan yang mereka konsumsi.

Selain itu, para pelari mengirim undangan sparring antartongkrongan. Setelah bentuk dua pelari yang akan beradu relatif seimbang kemudian mereka memastikan tempat lomba.

Dibanding ajang balap lari ini, tidak mungkin memunculkan atlet-atlet nasional. Pasalnya, mayoritas yang melakukan balap lari ini adalah para cukup umur.

Sekjen PASI, Tigor Tanjung

Baca Juga: Ali Daei, Raja Gol Internasional yang Sudah Bikin Chelsea Menangis

Sekretaris jendral (Sekjen) Gabungan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Tigor Tanjung melihat fenomena balap lari garang ini dari sisi olahraga bisa dikembangkan ke jenjang yang lebih serius jika digelar secara terorganisir.

“Kalau melanggar lembaga ya harus dihentikan, tapi sebab pandangan olahraga kalau mau lihat peluang itu disalurkan ke lomba yang diiorganisir baik, nah bikinlah lomba, sediakan hadiah, kalau dengan ikut itu anak-anak berbakat nanti bisa ikut kompetisi, ” cakap Tigor kepada VIVA, Jumat 11 September 2020.