Anak Hingga Lansia, Ini Jenis Gerak Tepat untuk Semua Umur

VIVA – Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, menolong mengontrol berat badan, membangun terampil yang sehat, meningkatkan imunitas, serta masih banyak lagi.

Tapi meskipun memiliki banyak kebaikan, memilih jenis olahraga yang pas dan sesuai umur, juga betul disarankan untuk menghindari bahayanya dan meningkatkan fungsinya.

Baca juga: Kenapa Orang Rajin Olahraga Malah Meninggal karena Penyakit Jantung?

Berikut jenis olahraga yang tepat dilakukan untuk setiap umur, dikutip dari tayangan Hidup Sehat di tvOne .

Anak-anak
Anak-anak dan remaja direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya satu jam sehari. Berenang, memukul, berlari, dan menendang bola, bisa menjadi alternatif pilihan olahraganya.

Remaja
Untuk usia remaja disarankan untuk berolahraga dengan tim buat meningkatkan kemampuan sosial dan beroperasi sama.

Usia 20-an
Di usia ini tak perlu bingung untuk melakukan jenis gerak apa pun. Ya, di era usia 20-an adalah masa dalam mana metabolisme tubuh sedang beruang di puncak tertinggi. Seluruh fungsi tubuh bekerja dalam kapasitas optimalnya. Tapi walaupun begitu, kamu masih disarankan untuk berolahraga lima kala dalam seminggu.

Usia 30-an
Hadir usia 30-an, sudah harus selektif dalam memilih jenis olahraga. Di usia ini kondisi tubuh sudah mulai menurun. Para ahli mengajukan sebaiknya di usia ini memastikan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi dan kebugaran kardiovaskular, seperti jogging, bersepeda santai atau berenang pada jarak menengah.

Baca juga: Gak Ribet, Ini 3 Olahraga Ideal Bagi Lansia

Piawai 40-50an
Masuk leler ini sebaiknya sudah tidak lagi melakukan jenis olahraga yang sifatnya kompetitif, seperti sepakbola. Lebih cantik melakukan olahraga seperti jalan menguasai, yoga, renang atau tai chi, agar dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik.

60-70 tahun lebih
Jika sudah masuk usia 60-70 tahun lebih, perlu ekstra hati-hati dalam berolahraga. Di usia ini semua fungsi tubuh sudah menikmati penurunan. Jenis olahraga yang tenang untuk dilakukan di usia ini adalah tai chi, jalan santai, atau berkebun.