Amerika Ancam India Jika Nekat Beli Sistem Rudal S-400 Rusia

VIVA – Amerika Serikat berusaha menggagalkan upaya India untuk membeli sistem rudal pertahanan udara tercanggih di dunia, S-400 dan jet tempur Su-57 generasi 4 dari Rusia.

Upaya Amerika ini terungkap di pernyataan resmi yang disampaikan Asisten Menteri Luar Negeri Amerika, R Clarke Cooper.

Cooper menghasut India agar berpikir kembali untuk membeli S-400 dan Su-57 itu. Bahkan dia mengancam kalau India nekat membelinya, maka kesibukan itu akan memperburuk hubungan New Delhi dengan Washington.

“S-400 akan menjadi tantangan, seperti halnya pembelian udara tempur Su-35, ” kata Cooper dikutip VIVA Militer dari BM, Jumat 21 Agustus 2020.

Malahan tanpa malu Cooper malah menawarkan pada India buat membeli senjata serupa produksi Amerika saja. Dari pada membeli S-400, Amerika menawarkan sistem pertahanan udara THAAD dan Patriot. Sedangkan buat menyaingi Sukhoi Su-57 generasi 4, Amerika menawar jet tempur tersembunyi F-35.

Perlu diketahui, sebenarnya bukan kali ini saja India bekerjasama dengan Rusia terkait teknologi persenjataan. India dan Rusia telah memproduksi tank T-90 bergandengan, lalu membeli jet tempur Su-30MK, kemudian memproduksi rudal hipersonik BrahMos hingga membuat senapan serbu Kalashnikov.

India bukan negara dunia pertama yang diusik Amerika terkait pembelian S-400 dari Rusia. Hal yang persis pernah terjadi pada Turki. Akan tetapi akhirnya Turki tak menggubris anjuran Amerika dan tetap saja memboyong S-400 ke Istanbul.

Malah belakangan ini Amerika mencari jalan merayu-rayu Turki untuk membeli balik S-400 yang dibeli dari Rusia. Sayangnya hingga detik ini Turki tak mau mewujudkan kemauan Amerika itu.

Yang terbaru Turki membuat Amerika meradang sebab memakai jet tempur kebanggaan AS, F-35 untuk dijadikan ujicoba serangan S-400 Rusia.

Mengaji: 34 Ribu Tentara Amerika Patuh Diserang Corona, 5 Tewas